Saturday 26 December 2015

Cara sederhana berhenti merokok

Cara sederhana berhenti merokok - berhenti merokok memang lah susah karena merokok bersifat candu dimana membutuhkan usaha yang keras untuk berhenti. Mungkin alasan utama untuk berhenti merokok demi kesehatan tubuh. Besar kecilnya timbul niat untuk berhenti merokok itu ada bagi perokok, tetapi karena berhenti merokok cukup sulit sehingga gagal untuk berhenti merokok. Kandungan dalam rokok bisa dikatakan bahaya untuk kesehatan tubuh. Banyak penyakit yang timbul akibat merokok, sebenarnya banyak kegiatan yang dilakukan yang berakibat penyakit bukan hanya merokok hanya saja disini saya membahas tentang cara sederhana berhenti merokok.
Berhenti merokok total memang sulit jadi dengan menguranginya terlebih dahulu akan lebih baik
Rokok itu sendiri apa sebenarnya? rokok adalah silinder dari kertas yang berukuran panjang dan diameter dengan ukuran bervariasi yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya agar menghasilkan asap yang dihirup oleh mulut pada ujung lainnya. Kenikmatan paling utama dalam rokok yaitu sensasi ketika menghirup asap dan menghembuskannya kembali. Masalah rasa bisa dikatakan masih nikmat rasa ayam goreng walaupun rokok menyediakan rasa yang berbeda-beda. 

Kandungan rokok itu sendiri terdiri dari :

-Nikotin, kandungan yang membuat perokok merasa rileks.
-Tar, yang terdiri dari dari lebih dari 4000 bahan kimia dimana 60 bahan kimia yang bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker)
-Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
-Benzene, atau dikatakan bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak memiliki warna.
-Cadmium, sebuah logam yang beracun dan radioaktif.
-Metanol/alkohol kayu, alkohol yang paling bahaya dan sederhana dikenal sebagai metil alkohol.
-Asetilena, senyawa kimia tak jenuh yang merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
-Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
-Formaldehida, Cairan yang sangat beracun digunakan untuk mengawetkan mayat.
-Hidrogren sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan untuk pembuat plastik dan pestisida.
-Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
-Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil dan motor.

Sedangkan kegunaan dan kerugian merokok itu apa:

Kegunaan : Tidak usah jauh-jauh langsung saja kegunaan merokok :
                   - Untuk rileks
                   - Mengisi waktu kosong
                   - Untuk tidak bosan
                   - Untuk menenangkan pikiran yang lagi stres
Kerugian : Tidak usah jauh-jauh juga langsung saja kerugian merokok :
                  - Bahaya bagi kesehatan
                  - Boros dalam keuangan
                  - Membuat bau
                  - Pencemaran polusi
                  - Membuat kesal orang yang tidak merokok.

Jadi yang ingin menjauhkan dari dirinya dari penyakit inilah cara sederhana berhenti merokok:

Cara sederhana berhenti merokok

Mungkin bagi perokok berat untuk langsung berhenti merokok mungkin cukup sulit. Jadi awal untuk berhenti merokok alangkah baiknya dari mengurangi terlebih dahulu. 
Beberapa cara untuk mengurangi rokok :

1. Jangan beli rokok.
Jangan beli rokok? Seharusnya perokok ya bakalan beli rokok. Kenapa jangan beli rokok? Karena ini penyebab pertama susah untuk mengurangi merokok. Kalau sudah beli rokok maka rokok akan didepan mata. Ketika lagi tidak ingin merokok, rokok bakalan dihidupkan terus. Coba kalau tidak beli rokok kita pasti sedikit menahan, kecuali ada teman yang ada rokok nya bisa jadi kita akan meminta pada dia. Tetapi cobalah pikir kembali lagi, apakah ikhlas si teman tadi membagikan rokok nya kepada kita? Kalau kita memikirkan itu kita tidak akan memintanya. Maka bertambah lagi niat kita menahan untuk merokok. 

2. Jangan sampai suntuk/bosan
Ketika suntuk/bosan di sinilah keinginan merokok itu sangat kuat, karena ketika kita tidak tahu ingin melakukan apa? maka merokok itu lah salah satu cara untuk mengisi kegiatan. Jadi kalau sudah merasa suntuk/bosan alangkah lebih baik cari kegiatan yang bermanfaat seperti melakukan hobi. Contoh : bagi laki-laki kebanyakan hobi olahraga atau bermain game. Jadi ketika tidak ada kegiatan lebih baik melakukan hobi ketimbang memilih untuk merokok. 

3. Hindari nongkrong sesama perokok
Ketika nongkrong sesama perokok di sinilah kegiatan merokok akan lancar terlaksana. Karena yang namanya nongkrong pasti melakukan obrolan. Di sinilah ketika mengobrol tidak asik jika tidak sambil merokok bagi yang perokok. Apa lagi ketika niat merokok sudah tidak ada tetapi melihat teman mengobrol merokok maka akan menimbulkan keinginan merokok. Kalau mau nongkrong, nongkrong lah bersama orang yang tidak tahan dengan asap rokok seperti nongkrong bersama wanita. Karena kebanyakan wanita itu paling anti dengan asap rokok. Bagi cowok yang tau caranya menghargai seorang wanita pasti tidak akan merokok didepan wanita yang anti dengan asap rokok. 

Itulah beberapa cara sederhana berhenti merokok, semoga dengan artikel ini bisa membuat anda berhenti merokok dengan tujuan positif yaitu menjaga kesehatan tubuh. Semoga juga dengan artikel ini membuat anda hidup lebih sehat. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment